Minggu, 04 Januari 2015

Liburan Snorkeling Teluk Lampung


Ada banyak spot atau tempat eksotik di Lampung yang bisa jadi pilihan agan-agan untuk snorkeling. Pulau yang punya terumbu karang dan marine life yang luar biasa, dengn kedalaman yang relatif dangkal cukup menjadi pilihan menarik loh. Pulau-pulau di teluk Lampung relatif aman karena terlindungi oleh banyak pulau-pulau kecil disekitar tenggara provinsi lampung. Diantara banyak pulau tersebut  ada P. Tegal, P.Kelagian, P.Mahitam, Lalangga, Puhawang atau Pahawang, dan lain sebagainya. Hanya beberapa menit dari pelabuhan Ketapang, Pesawaran.
Tahun baru identik dengan "holiday" ya gan. Nah banyak juga nih diantara agan-agan yang abisin liburannya di laut. Ada yang sekadar main pasir di pantai, ada yang melakukan ScubaDiving atau coba yang namanya snorkeling. Anyway, apa sih itu snorkeling? 

Kaki katak atau Fins
Snorkeling merupakan kegiatan menyelam dari permukaan saja. Kita melihat pemandangan di dalam laut dari permukaan dengan menggunakan alat pernafasan pada mulut dan juga menggunakan alat bantu gerak seperti "kaki katak" (sirip selam) atau dengan istilah yang lebih umum adalah “fins” untuk menambah daya dorong. Ada dua jenis fins yang pertama adalah full foot dan open heel. Nah untuk fins full foot ada ukurannya, biasanya memiliki range 2 nomor seperti 36-38, 38-40, 40-42 dst, dan itu mengikuti ukuran kaki kita loh gan. contoh, kalau kaki agan biasa pakai sepatu dengan ukuran 43 berarti agan pakai fins yang berukuran 42-44. Berbeda dengan full foot, fins open heel tidak memiliki ukuran karena fins ini biasanya all size namun butuh alat tambahan yang namanya booties atau sepatu pelapis sebelum menggunakan open heel.

Snorkel
Alat pernafasannya disebut dengan "Snorkel". Snorkel adalah peralatan selam berupa selang berbentuk huruf J dengan pelindung mulut di bagian ujung sebelah bawah. Alat ini digunakan untuk bernafas seperti biasa sambil melihat kebawah air (mirip ninja hatori itu looh..:D ). Tapi jangan salah gan, alat ini bukan alat yang bisa membuat kita bisa bernafas saat kita turun kebawah air, ada teknik tersendiri untuk itu.
Berikutnya adalah masker. Berbeda dengan google yang dipakai perenang, masker menutupi hampir keseluruhan wajah termasuk hidung, jadi nafasnya harus dibiasakan pakai mulut yah.

Dan yang terakhir adalah pelampung. Ini nih “jimat” yang biasa diandalkan oleh penikmat bawah laut yang tidak bisa berenang. Hehehee... jadi dengan mengenakan pelampung seperti ini seseorang mampu mengapung dipermukaan untuk menikmati keindahan bawah laut sambil menggunakan masker, snorkel, dan fins. Snorkeling bisa dilihat pada gambar di bawah ini. 

Kami juga dari Lampung Dive Center juga punya paket open trip setiap week end untuk agan-agan yang mau cobain snorkeling. More info please feel free to contact us at our number...;)


0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan