Kamis, 29 Januari 2015

PULAU PAHAWANG "Sepotong Pulau Sejuta Kemilau"



Wisata bahari bukanlah lagi menjadi hal yang aneh untuk dibicarakan. Provinsi Lampung sejak dahulu telah dikenal dengan berbagai potensi keindahan alamnya kini semakin eksotik dengan munculnya idola baru destinasi berlibur, khususnya wisata bahari. Bagi pecinta ekoturisme, ekosistem bawah laut menjadi sebuah angin segar untuk dinikmati.  Aktifitas SCUBA Diving ataupun snorkeling sambil menikmati keindahan terumbu karang, berbagai macam jenis ikan, penyu dan lain sebagainya merupakan sebuah ekspektasi yang cukup beralasan dari lokasi wisata bahari. Tak hanya itu, hamparan pasir putih dan nyiur yang melambai di sudut pantai menambah apiknya pemandangan untuk berfoto ria. Salah satu tempat yang menyediakan semua itu adalah Pulau Pahawang.


Pulau Pahawang


Snorkeling
Fun Snorkeling
Pahawang adalah nama desa yang terletak di kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran. Pulau seluas 1.084 memiliki enam desa, yaitu Pahawang, Suakbuah, Penggetahan, Jeralangan, Kalangan, dan Cukuhnyai.Untuk mencapai lokasi tersebut banyak alternatif dermaga yang tersedia yaitu Ketapang, Pantai Mutun, Ringgung, Atau Lempasing. Jarak terdekat yang dapat ditempuh menggunakan perahu motor kapasitas max 15 orang  dengan mesin penggerak tunggal sekitar 45 menit dari pantai ketapang melewati Pulau Mahitam dan Kelagian. 

Pulau cantik ini sebenarnya terdiri dari dua bagian yaitu Pahawang besar dan Pahawang kecil. Banyak terdapat homestay yang dapat kita gunakan untuk bermalam walau sebenarnya terdapat sebuah cottage di pahawang kecil namun sayangnya tempat itu tidak dibuka untuk umum oleh pemiliknya yang kebetulan merupakan warga negara asing. Untuk kondisi pantai kedua pulau ini tidak memiliki banyak perbedaan, hanya saja pahawang kecil memang lebih tertata rapi karena memang terdapat pengelola yang bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan pantai. Ketika kita berbicara tentang kondisi bawah laut, pulau ini memiliki ciri khas tersendiri yang mungkin akan membuat ketagihan para pecandu diving ataupun snorkeling.  Dengan karakter dasar perairan yang tidak terlalu dalam dan kecerahan mencapai 7-10 meter, tempat ini sangat cocok bagi penggila snorkeling maupun penyelam SCUBA open water. Pada bulan Januari hingga Juni merupakan waktu terbaik untuk mendapatkan kecerahan maksimal, namun di beberapa bagian pulau terdapat titik yang tidak terlalu terpengaruh oleh musim karena memang terlindungi oleh struktur pulau. Di tempat ini kita dapat menemukan banyak jenis terumbu karang dengan berbagai bentuk hidup seperti karang bercabang, karang daun, karang keras, karang otak, hingga karang lunak yang berwarna warni. Selain itu, kita akan banyak menjumpai beberapa jenis ikan karang seperti Parrot fish, Cardinal fish, Mandarin fish, Nemo, kerapu, dan lain-lain. Apakah di sini ada penyu? Jika kita beruntung maka kita akan menemukan penyu-penyu yang sedang mengapung untuk mengambil nafas dipermukaan air, fantastis. 
Untuk informasi lebih lanjut mengenai info promo menarik untuk trip diving dan snorkeling menarik silakan hubungi customer service kami. Kami memiliki promo yang berbeda dan menarik setiap bulannya.

Underwater view
Karang bercabang
 
Karang lunak


Pahawang, LDC doc













Tunggu tulisan kami berikutnya dengan pulau cantik lainnya. Untuk apa jauh-jauh ke negeri seberang kalau di tanah kita sudah ada surga.. salam bahari, salam konservasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan